Kamis, 10 Maret 2011

Merinci Kebutuhan

businessman
Menetapkan Persyaratan dan Tingkat Kinerja yang Harus Dicapai oleh Vendor

 Perusahaan harus membuat persyaratan dan tingkat kinerja yang harus dicapai oleh vendor dan melampirkannya kedalam perjanjian kerjasama antara perusahaan dan vendor. Beberapa hal yang masuk kedalamnya adalah sebagai berikut:
  1. Jasa yang harus diberikan oleh vendor.
  2. Tugas dan tanggung jawab masing-masing pihak.
  3. Tingkat kinerja dari jasa yang diberikan
Untuk melakukan ini, kedua belah pihak terlebih dahulu mengidentifikasi dan mendokumentasikan berbagai elemen dari pelaksanaan outsourcing.
Elemen Penjelasan
Jasa Deskripsi terperinci mengenai jasa-jasa yang diberikan
Karyawan Posisi dan jumlah karyawan yang dialihkan
Laporan kepada perusahaan Laporan-laporan apa saja yang harus diberikan oleh vendor kepada perusahaan selama pelaksanaan outsourcing, termasuk di dalamnya laporan yang berhubungan dengan instansi pemerintah seperti Depnakertrans dan Kantor Pajak
Pelayanan kepada karyawan Pelayanan dan dokumen apa saja yang diberikan kepada karyawan outsourcing, termasuk didalamnya pemberian slip gaji, print saldo Jamsostek, dsb.
Setelah elemen-elemen tersebut didefinisikan, maka kedua belah pihak dapat merancang Service Level Agreement (SLA), yaitu perjanjian antara perusahaan sebagai pengguna jasa dan vendor outsourcing sebagai penyedia jasa yang mengatur tingkat layanan yang akan diterima/diberikan oleh masing-masing pihak.
bisnis paling gratis