Kamis, 10 Maret 2011

Rekrutmen & Seleksi

tahap 12

Setelah mengisi dengan jelas dan lengkap formulir permintaan karyawan dan menyerahkannya kepada vendor anda, vendor akan melakukan prosedur rekrutmen dan seleksi untuk mencari karyawan sesuai dengan persyaratan yang telah anda tetapkan.

Beberapa keuntungan melakukan rekrutmen dan seleksi dengan menggunakan vendor adalah:
  1. Anda dapat berkonsentrasi pada kegiatan yang lebih penting.
  2. Anda dapat menggunakan keahlian dan jaringan yang dimiliki oleh vendor.
  3. Vendor dianggap lebih mengerti mengenai peraturan ketenagakerjaan daripada perusahaan, sehingga dapat mengurangi resiko hukum.
  4. Waktu, tempat dan biaya yang digunakan untuk iklan, seleksi dokumen, tes dan wawancara awal dapat dihemat, karena semua dilakukan oleh vendor.
  5. Nama perusahaan dan status anda yang sedang mencari karyawan baru tetap rahasia, hal ini biasanya dianggap penting oleh perusahaan-perusahaan besar untuk menghindari “hujan” lamaran, baik yang dikirim via pos maupun yang datang langsung.
Untuk mendapatkan karyawan yang tepat dan terbaik bagi perusahaan, anda harus memastikan bahwa vendor anda memiliki reputasi baik. Hal ini dapat dilakukan dengan dua cara.
  1. Lakukan penyelidikan untuk mengetahui apakah vendor anda “memperdagangkan” kebutuhan karyawan kepada para pelamar atau tidak. Bila ya, maka dapat dipastikan bahwa vendor anda adalah vendor dengan reputasi buruk. Proses rekrutmen dan seleksi serta kualitas dari kandidat-kandidat yang nantinya dikirimkan kepada anda patut dipertanyakan karena telah melibatkan uang atau keuntungan bagi vendor yang seharusnya tidak ada.
Gambar 3: Hubungan antara Sasaran Kinerja dengan Kriteria Seleksi.
  1. Vendor yang baik memiliki komitmen kuat untuk mendapatkan karyawan yang berkualitas. Hal ini dibuktikan oleh adanya prosedur standar dalam melakukan rekrutmen dan seleksi karyawan mereka. Prosedur ini mutlak dibutuhkan untuk menjaga konsistensi dan kemampuan telusur apabila karyawan yang lulus ternyata bermasalah dikemudian hari.
     
Gambar 4: Prosedur Standar Rekrutmen & Seleksi milik PT. Jasa Mandiri Techgraha
Sumber tenaga kerja yang biasa digunakan oleh PT. Jasa Mandiri Techgraha adalah:
  1. Sumber Internal
    Database pelamar, mantan karyawan dengan reputasi baik.
  2. Sumber Eksternal
    Iklan (online recruitment dan surat kabar), mailing list, rekomendasi dari karyawan atau rekan bisnis, lembaga pendidikan, organisasi professional, job expo, kerjasama dengan agen tenaga kerja.
PT. Jasa Mandiri Techgraha memiliki standar bahwa setiap permintaan satu orang karyawan oleh perusahaan, berarti PT. Jasa Mandiri Techgraha harus mengirimkan setidaknya tiga orang kandidat yang telah lulus tes dan wawancara kepada perusahaan. Setelah melakukan rekrutmen dan seleksi, vendor akan mengantarkan kandidat terpilih kepada perusahaan untuk dites lebih lanjut.

Gambar 5: Formulir Pengantar Kandidat milik PT. Jasa Mandiri Techgraha
Jika ada kandidat yang lulus, maka perusahaan mengisi formulir rekomendasi kandidat yang lulus dan dikirimkan kepada vendor. Hal ini penting sebagai bukti persetujuan perusahaan atas kandidat yang telah lulus tes dan wawancara oleh user di perusahaan dan mencegah vendor menempatkan karyawannya tanpa persetujuan tertulis dari perusahaan.

Gambar 6: Formulir Rekomendasi Kandidat Yang Lulus milik PT. Jasa Mandiri Techgraha
Vendor akan memanggil kembali kandidat yang direkomendasikan oleh perusahaan untuk menandatangani kontrak atau Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT).
Berikut adalah contoh PKWT standar yang biasa digunakan oleh PT. Jasa Mandiri Techgraha.
Perjanjian Kerja Waktu Tertentu ini dilampirkan dengan:
  1. Formulir persetujuan upah dan tunjangan.
  2. Pernyataan kerahasiaan.
  3. Tata tertib dan peraturan perusahaan.
  4. Dokumen-dokumen lainnya.
Setelah kontrak dilakukan, vendor akan menjelaskan mengenai berbagai hal-hal penting yang bersifat non-teknis yang perlu diketahui oleh karyawan, meliputi periode cut-off absensi, waktu pembayaran upah, rincian dan cara menghitung upah (termasuk  penjelasan mengenai potongan pajak, iuran JHT dan potongan payroll oleh bank), hak istirahat/cuti (bila ada), pelatihan yang akan diberikan, fasilitas Jamsostek dan cara menggunakannya, dsb.

 http://www.jmt.co.id
bisnis paling gratis